Marketing Srategi dan Forecasting

Competitive Advantage - Keunggulan Bersaing Keunggulan bersaing sangat diperlukan sebagai tolok ukur dalam keberhasilan sebuah usaha. Dalam setiap kehidupan selalu ada persaingan yang motivnya bermacam-macam. Keunggulan disini memiliki tujuan utama yaitu untuk menguasai pasar yang bisa memberikan dampak pada keberlanjutan bisnis yang dijalankan.
Freddy Rangkuti dalam buku Perencanaan Bisnis mengungkapkan, “Semakin baik kinerja suatu perusahaan, semakin kuat keunggulan bersaing yang dimilikinya, Sebaliknya, semakin buruk kinerja suatu perusahaan, keunggulan bersaingnya semakin berkurang” Elemen apa saja yang menyebabkan sebuha keunggulan bersaing tersebut akan terbentuk;
  1. Potensi Keunggulan Bersaing, potensi ini terdiri dari tiga kajian, keahlian yang dimiliki, sumberdaya yang dimiliki, dan sistem pengendaliannya.
    Keahlian menjadi keunggulan dalam sebuah bisnis, misalnya dalam usaha kuliner nasi goreng yang saya tuliskan ebooknya. Koki nasi goreng opang memiliki keahlian memasak yang tangguh dibandingkan koki lain karena seorang koki yang tidak memiliki latar belakang pendidikan memasak, hanya mengandalkan pengalaman saja tapi bisa menguasai pasar. Keunggulan sumber daya, yang paling utama adalah membangun jaringan dan sebuah komunikasi. Hal tersebut akan berdampak pada jaringan distribusi yang kuat sehingga proses Supply chaining tidak terhambat. Setelah memiliki semuanya maka diperlukan sebuah pengendalian yang baik agar bisa mengontrol kelancaran jalannya bisnis secara keseluruhan.
  2. Posisi Keunggulan Bersaing, Singkatnya posisi keunggulan ini yang paling mudah dinilai dari sisi konsumen. Jika pelanggan mengeluarkan uang sesuai dengan harga yang dibayarkan maka pastikan kualitas barang sesuai dengan produk yang diperoleh. Contoh: Nasi goreng Opang saat ini harganya sekitar Rp. 7000,- tapi porsinya bisa Jumbo bahkan bisa dua kali lipat dari tukang nasi goreng lainnya dengan rasa yang tidak berubah.
  3. Kinerja yang dihasilkan atau performance outcomes, bagian ini pada intinya adalah perolehan yang di dapat dari sebuah bisnis jika memiliki sebuah keunggulan bersaing, kesetiaan pelanggan, kepuasan pelanggan, market share bertambah besar, tentunya akan diiring dengan keuntungan yang bertambah untuk perusahaan.
Analisis Strategi Pasar
Market Analysis Tujuan utama srategi pasar adalah Bagaimana caranya agar pelanggan dan calon pembeli mau membeli produk yang ditawarkan.
Tidaklah mudah memang, tetapi perushaab harus bisa mengidentifikasi segmen pasar yang potensial, menentukan target pasar, dan melakukan positioning terhadap produk yang ditawarkan kepada pelanggan dan calon pelanggan.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More