4 Pertimbangan Jika Ingin Membangun Bisnis Sendiri

Menjalankan sebuah usaha, memang ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sebuah bisnis besar memiliki perencanaan bisnis dengan mempertimbangkan banyak hal. Bagaimana jika bisnis tersebut dijalankan secara individu? apakah pertimbangannya sama dengan membangun sebuah usaha yang besar? Pada dasarnya sama, akan tetapi tidak semua harus diterapkan dalam sebuah bisnis skala individu atau rumahan (home-based business).
Filosofi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan mengapa seseorang disarankan memiliki bisnis sendiri walaupun itu dalam skala individu. Kita sering atau apakah Anda pernah mengalami pada 3 Kondisi membingungkan. Pertama, Kondisi Ada Waktu Tidak Ada Uang. Artinya kondisi dimana saat seseorang atau individu memiliki banyak waktu luang atau dalam kondisi menganggur, memiliki kerjaan tetapi tidak memiliki income yang besar, tetapi kondisi finansial tidak mendukung atau “tongpes” (kantong kempes = tidak ada uang). Kondisi seperti ini tidak sedikit dialami oleh banyak orang sayapun mengalaminya. Sebuah kondisi yang bisa menyebabkan banyak penyakit fisik dan kejiwaan. Stres dan penyakit lain pasti hinggap, apalagi pada posisi sebagai pengangguran pasti sangat tidak nyaman.
Kondisi Kedua, Ada Uang Tidak ada Waktu. Posisi ini masih agak lebih baik dari kondisi yang pertama. Memiliki uang yang banyak, powerful (memiliki posisi jabatan di kantor), sibuk dengan semua kerjaan rutinitas, dan ciri yang utama bisa memimpin banyak orang. Konsekuensinya keadaan finansial baik, akan tetapi karena kesibukannya waktu yang dimiliki semuanya terkuras untuk pekerjaan. Tidak ada waktu yang berkualitas untuk keluarga atau diri sendiri. Uang ada waktu tapi tidak ada waktu, sama saja tidak bisa menikmatinya bukan?
Kondisi ketiga, TIdak Ada Waktu dan Tidak ada Uang. Kondisi ini yang paling tidak mengenakkan… Sudah waktu tidak ada karena sesuatu hal, kondisi finansialpun kurang baik bahkan bisa minus. Hati-hati pada kondisi ini, jangan pernah terpikir untuk mengambil jalan pintas. Usahakan tetap pada jalur yang baik.
Lalu Bagaimana mengatasinya? Mau tidak mau, kita harus memiliki bisnis sendiri yang bisa kita kelola dan menghasilkan uang untuk kita, bahkan akan lebih baik uang bekerja untuk kita bukan kita bekerja untuk uang. 4 hal yang harus diperhatikan saat kita menjalankan bisnis skala individu atau skala rumahan.
MoneyPertama adalah Modal, apakah modal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis memerlukan modal yang besar atau kecil. Masalahnya adakah dana untuk kita bisa menjalankan bisnis tersebut. Cari usaha yang kira memiliki modal yang kecil dan kita sendiri sanggup mengelola keuangannya. Pikirkan bahwa uang sebagai modal adalah hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha. Jangan langsung tembak dan jalan. Pikirkan matang-matang, kondisikan diri kita dalam situasi yang harus bisa mengembalikan modal sendiri. Jangan anggap enteng, walaupun anda memiliki modal besar sekalipun perhatikan faktor modal yang akan digunakan dan kembali kapan kembalinya modal tersebut.
Financial risk management -wikipediaKedua, Resiko atau Risiko. Perhatikan resiko kalau kita menjalankan sebuah bisnis yang kita pilih. Resiko yang paling bahaya kita tanggung adalah BANGKRUT. Tetapi tidak hanya itu saja, bagaimana pula resiko jangka panjang jika kita menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Selain resiko finansial, perhatikan juga masalah tenaga kerja, keahlian yang kita miliki, apakah akan memberikan dampak yang besar kepada kita di kemudian hari.
Ketiga. Waktu. Jika sudah bicara waktu, pastinya berhubungan dengan lamanya kita Personal Time Management Guidemenjalankan usaha tersebut. Jika anda sudah memiliki perkerjaan saat ini, jangan tinggalkan tempat kerja anda. Atau kalau memang anda sedang merintis usaha baru usahakan waktu yang digunakan efisien. Efisien untuk anda, efisien untuk bisnis, dan yang penting efisien juga untuk keluarga.
Saya masukkan unsur keluarga, karena indikasi yang mudah dijadikan patokan adalah waktu dengan keluarga. Jika waktu untuk keluarga kurang dalam menjalankan sebuah bisnis, sebaiknya perhatikan kembali apakah bisnis yang kita jalankan, pekerjaan, atau profesi yang kita jalankan sudah bisa membawa dampak memberikan waktu yang berkualitas untuk keluarga kita?
BEST PLACES BY STATEKeempat, Tempat. Masalah tempat juga hal yang tidak kalah penting. Apakah tempat usaha kita memerlukan tempat yang besar atau kecil. memerlukan ruang yang besar sangat berpengaruh pada keuangan. Kalau di Bisnis online tidak memerlukan tempat yang besar, tapi kalau bisnis offline tempat sangat berpengaruh pada bisnis kita. Nah kalau begitu bagaimana memilih tempat yang pas. Usahakan tempat kita efisien dalam penggunaannya. Kalau ada memiliki garasi rumah manfaatkan tempat itu. Hindari dahulu sewa tempat, sewa tempat diperlukan kalau alasan untuk mencari pengunjung yang ramai…


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More