Perilaku Konsumen Jasa

Konsep pemasaran menekankan bahwa pemasaran yang menguntungkan bermula dari penemuan dan pemahaman terhadap kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan konsumen. Dengan kata lain, pemahaman terhadap konsumen, kebutuhan dan keinginan, serta perilaku pembelianya merupakan bagian integral dari keberhasilan pemasaran.
Didalam memahami “Prilaku Konsumen Jasa”, Sebuah depertement pemasaran harus dapat mengelompokan beberapa hal yang menentukan pemahaman dari perilaku konsumen itu sendiri.
Hal-hal tersebut dapat dikelompkan menjadi beberapa :

1. Proses Pembelian Jasa
Hal ini dapat di pandang dalam satu rangkaian yang meliputi; kesadaran akan adanya kebutuhan, pencarian alternatif, evaluasi alternatif, keputusan beli dan perasaan setelah pembelian.


2. Pengaruh kelompok atau Individu lain
Pada kebanyakan jasa, konsumen saling berinteraksi dengan konsumen lain ditempat jasa di proses dan atau dikonsumsi.


3. Pengaruh Klasifikasi Jasa
Dalam hal pemprosesan barang atau jasa dilakukan dalam satu lingkungan yang terkontrol.


4. Pengaruh-pengaruh Situasional
Pengaruh-pengaruh situasional dapat di kelompokan sebagai semua faktor, khususnya yang berkaitang dengan waktu dan tempat obsirvasi.


5. Kepuasan Konsumen
Membangaun kepuasan konsumen, merupakan inti dari pencapaian profitabilitas jagka panjang. Kepuasan sendiri merupakan ketiadaan perbedaan antara harapan yang dimiliki dan unjukkerja yang senyatanya diterima.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More